Chicken little / Sikap Pengecut


Taukah Anda? Kalau setiap orang memiliki chicken little dalam dirinya. Mungkin Anda akan membantah hal tersebut dan Anda akan berkata, saya bukan seorang pengecut. Jika itu memang benar, Anda patut bersyukur karena Anda memiliki jiwa pemenang.

Kita semua memiliki sikapa pengecut dalam diri kita, namun kita sering kali tidak menyadarinya. Pengejek adalah salah satu sikap dari pengecut or chicken little. Setiap hari kita dikelilingi oleh pengejek yang menceritakan segela sesuatu yang buruk dan negatif.

Selain itu kita juga merupakan seorang pengecut, ini muncul disaat perasaan takut dan kawatir datang menyelimuti pikiran kita. Kita sering berkata “Saya tidak pandai.” “Saya tidak bagus.” “Saya beda dengan kamu, kamu punya bakat dan saya tidak punya bakat.” “Saya tidak bisa melakukannya.” Kekawatiran ini seringkali membuat rasa pengecut kita mulai tumbuh dan membesar dalam diri kita. Sikap pengecut biasanya suka memakai kata-kata “Bagaimana jika ...saya gagal, saya kalah, tidak berjalan sesuai dengan rencana, dll.”

Pada dasarnya seorang pengecut selalu mencari alasan. Contahnya saya tidak bisa karena saya... (bla..bla) Itu tidak cocok bagi saya karena saya tidak mampu. Saya tidak punya bakat. Saya masih kecil belum cukup umur. Saya tidak punya kekuatan...Saya tidak...saya tidak...saya tidak....Seorang chicken little selalu menggunakan kata-kata tersebut.

Pengecut tidak pernah mencari solusi tetapi terus menerus mencari alasan. Alasan yang dapat membenarkan dirinya sehingga sikap pengecut yang ada dalam dirinya tidak begitu kelihatan mencolok. Tapi pernahkah anda banyangkan, sebenarnya alasannya tersebut sebenarnya telah membentuk dirinya menjadi seorang pengecut sejati.
....
Apakah kita akan terus memberikan alasan setiap kali kita disuguhi sebuah tugas???
Inginkah kita tetap memelihara rasa chinken little dalam diri kita???

Komentar